Penyebab AC Rumah Atau Kantor Tidak Dingin

service ac jember

Banyak pertanyaan konsumen kepada kami, mengapa AC Rumah atau Kantor tidak dingin setelah dilakukan pencucian unit atau sudah ditambah freon pada unit pendingin anda. Sebelum kita mengulas lebih dalam mari kita  kaji penyebab ac rumah atau kantor anda tidak dingin, beberapa hal yang dapat menyebabkan ac rumah atau kantor anda tidak dingin dapat disebabkan beberapa hal sebagai berikut :

  • Kesalahan mode remote AC rumah atau kantor anda.
  • Pencucian unit AC rumah atau kantor anda yang kurang bersih.
  • Tekanan freon yang berlebih atau kurang.
  • Voltage listrik yang tidak stabil.
  • Kompresor yang bermasalah.

Mari kita bahas satu persatu dari penyebab permasalahan ac rumah atau kantor tidak dingin dari beberapa point yang kami uraikan diatas.

1. Kesalahan mode remote AC rumah atau kantor anda
Banyak kesalahan terjadi karena mode remote AC ini baik disengaja maupun tidak di sengaja, ada beberapa keluhan mode atau remote ac berubah - rubah dengan sendiri nya, jika ac remote berubah - rubah dengan sendiri sendiri nya , maka yang perlu dilakukan adalah:

  • Melepas salah satu baterai nya dan tekan sembarang tombol , ini bermaksud daya aliran tegangan yang ada di dalam remote akan habis, kemudian pasang kembali batu baterai nya kembali dan coba hidupkan kembali, jangan lupa mengatur ke mode pendinginan, Mode pendinginan pada logo * ( bintang ).
  • Kesalahan kedua adalah mode remote , pada semua unit ac rumah atau kantor , remote memiliki standart hampir sampai yaitu Auto, Dingin dan Kering beberapa merk ada tambahan pemanas
service ac jember
Mode Remote AC
Perhatikan pada bagian sebelah kanan kita dari gambar diatas, pastikan mode remote pada bagian BINTANG.. Lebih detail tentang penggunaan remote ac, silahkan klik disini

2. Pencucian unit AC rumah atau kantor anda yang kurang bersih.
Sebagai pemilik unit AC rumah atau kantor , haruslah tahu bagaimana hasil pencucian unit AC rumah atau kantor yang baik dan benar. Kebanyakan pemilik bahkan teknisi menganggap pencucian AC rumah atau kantor adalah hal yang SEPELE, pencucian AC yang baik dan benar sudah pernah kami bahas dalam situs kami yaitu Indikasi Cuci AC Rumah atau kantor yang baik dan benar dan jangan lupa mintalah untuk dilakukan pengechekan tekanan freon setelah dilakukan pencucian unit AC Rumah atau Kantor anda , pada saat setelah dilakukan pencucian adalah saat yang tepat untuk dilakukan pengechekan tekanan freon didalam sistem dan amper kompresor agar kita tahu kondisi kelayakan dari kompresor AC rumah dan kantor kita.


3. Tekanan freon yang berlebih atau kurang.
Apabila pencucian ac rumah atau kantor anda sudah baik dan benar, maka akan diketahui tekanan freon yang sebenarnya, saat ini yang masih beredar dipasaran untuk AC rumah dan kantor adalah jenis freon R22, R290, R32 dan R410 yang memiliki karakteristik tekanan yang berbeda - beda, perbedaan tekanan masing - masing freon dapat dilihat dibawah ini :

R22 dan R290 memiliki tekanan kerja sekitar antara 60 - 80 psi, jika freon dalam sistem kurang dapat ditambah. R32 memiliki tekanan kerja antara 120 psi sampai 160 psi , jika freon berkurang dapat ditambah.
 Berbeda dengan freon yang sudah disebutkan diatas R410a memiliki tekanan 120 psi sampai 160 psi, tetapi jika terjadi kekurangan tekanan tidak boleh ditambahkan, kenapa ? sebab freon R410a adalah freon campuran antara R125a ( gas ) dan R32 ( cair ) dimana jika terjadi tekanan yang berkurang dari tekanan awal maka yang akan keluar dulu adalah freon R125a, jika hanya ditambah maka
dikawatirkan R125 yang berbentuk gas akan habis duluan sehingga komposisi dalam sistem berubah dengan dominan R32, sehingga unit tidak dapat bekerja secara maksimal.

4. Voltage listrik yang tidak stabil
Voltage listrik yang tidak stabil akan berhubungan dengan kompresor, saat sering terjadinya naik turunya voltage listrik akan menyebabkan amper pada kompresor akan naik , selama pada ambang batasnya maka akan aman - aman saja, voltage yang di standartkan oleh pabrikan adalah 220 V sampai 240 V dengan ambang batas +/- 10 % dari yang distandarkan dalam kondisi unit sudah berjalan atau running.
Amper yang tinggi pada kompresor akan menyebabkan panas yang berlebih pada kompresor atau istilah teknisnya over heat, hal ini dapat dilihat secara langsung pada unit outdoor, dimana kipas fan outdoor berputar tetapi tidak didengar suara kompresor berjalan, dan dalam kurun waktu 5 - 10 menit maka kompresor akan mencoba untuk berjalan tetapi langsung off kembali. Mengenai kompresor ini kami sudah mengulasnya di jangan terburu-buru memvonis kompresor. Pada point 5 sekaligus sudah kami bahas pada point 4 ini.

Dari permasalahan diatas solusi yang terbaik adalah

Gunakan teknisi yang berkompeten agar unit AC rumah dan Kantor anda terawat dengan baik dan benar sesuai umur nilai investasi anda

Jika anda membutuhkan jasa perawatan dan pemasangan AC split anda kami siap melayani untuk area Jember,Bondowoso Dan Lumajang, segera hubungi kami di :


HP/WA : 085101256023 / 083119339570
Email : cftjbr@gmail.com
Jember : Jl. Mawar 19/31 Patrang Jember
Workshop : Perumahan Griya Puncak Slawu H-18, Jalan Manyar Jember
CP : Agus Setiawan ( Wawan )

22.14.00 - 3 komentar

3 komentar untuk Penyebab AC Rumah Atau Kantor Tidak Dingin.

.

ternyata ac itu perlu perawatan ternyata

Balas Hapus
.

kalau ac bocor freon itu akibat apa ?

Balas Hapus
.

perawatan ac split adalah cleaning 3 bulan sekali

Balas Hapus