Penyebab Kompresor AC Cepat Rusak



Banyak kasus yang sering kami di temui di lapangan, sering kali unit AC yang rusak pada komponen kompresor, salah satu indikasi penyebabnya adalah karena tidak dilakukannya Perawatan Rutin, perawatan rutin ini kadang kala di sepelekan para pemilik unit pendingin ruangan atau AC, mereka banyak beralasan unit masih dingin padahal tidak dilakukan pencucian sudah selama 1 tahun.

Apa yang terjadi jika filter udara yang ada di indoor seperti gambar diatas ? pada gambar diatas , akan menyebabkan beberapa hal sebagai berikut :



  • Menghambat sirkulasi udara yang masuk ke dalam indoor dan udara yang akan keluar dari indoor dikarenakan filter yang sudah tersumbat debu kotoran sehingga menyebabkan ruangan akan lebih lama untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan



  • Dalam banyak kasus, indikasi nya adalah terjadinya kebocoran air yang keluar melalui casing atau tembok, dikarenakan aliran air kondensasi yang seharusnya lancar keluar dari pipa pembuangan drainase tersumbat atau buntu oleh debu dan kotoran yang berubah menjadi lendir.



  • Sistem refrigerasi akan tidak berjalan abnormal karena terhambatnya aliran udara sehingga hal terburuk yang terjadi adalah refrigerant yang masuk ke dalam kompresor masih berwujud cair, jika refrigerant masuk kedalam kompresor berwujud cair, inilah salah satu penyebab kerusakan kompresor.


  • Kerja kompresor akan melebihi batas yang diijinkan, sebagai contoh kompresor AC kapasitas 1PK memiliki kinerja ideal antara 4.1 - 5.1 A , jika ampere melebihi ambang batas yang ditentukan maka yang terjadi suhu batas maksimal kompresor akan mengalami peningkatan, dengan kompresor semakin panas, yang terjadi adalah olie dalam kompresor tidak mampu mendinginkan kompresor , hal ini dapat menyebabkan kompresor macet atau kompresor short body ( gulungan terbakar ) atau kompresi kompresor rusak, Olie Kompresor yang berwarna bening berubah menjadi hitam pekat

.

  • Kerugian lain adalah terjadi pemborosan konsumsi listrik pada PLN sehingga menyebabkan tagihan listrik anda membengkak.

Dari ulasan diatas , biaya perawatan dengan pencucian rutin dengan harga di kisaran antara Rp. 60.000 - 100.000 per unit sesuai kapasitas AC nya, jika sampai terjadi penggantian kompresor dengan harga kompresor saja berkisar antara diatas Rp. 1 juta, mana yang akan kita pilih ???


Pencucian yang baik adalah dengan beberapa indikasi sebagai berikut :

  • Unit indoor ( Evaporator ) dicuci atau disemprot dengan bersih hingga air yang turun berwarna bening.



  • Unit Outdoor ( Kondensor ) juga demikian.



  • setelah proses pencucian selesai, maka dilakukan diagnosa atau pemeriksaan kinerja kompresor, cek ampere dan tekanan refrigerant yang ada, jika kurang, maka perlu penambahan volume isi.



Kami Cooling Fresh Technical siap  kami membantu anda dalam melakukan perawatan, perbaikan maupun pemasangan unit AC anda, tentunya didukung oleh tenaga yang profesional dan alat kerja sesuai standart operasional yang ditentukan pabrikan.


Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen, harga jasa yang kompetitif dengan kualitas kerja bisa dipertanggungjawabkan, karena kerja kami bergaransi. Maka hubungi kami di :

Contact Person
Agus Setiawan ( Wawan )

Alamat 
Jalan Mawar Gang. 19 No. 31 Jember ( 68118 )

WorkShop
Perumahan Griya Puncak Slawu H-18
Jalan Manyar Jember  (68116)

Handphone
085101256023 ( Telp/WhatsApp )
083119339570 ( Telp/WhatsApp )

Email
cftjbr@gmail.com

Website
www.service-acjember.com
www.cooling-fresh-technical.com 


    19.53.00 - tanpa komentar

    0 komentar untuk Penyebab Kompresor AC Cepat Rusak.