Solusi AC Hemat Listrik, Retrofit AC Anda Menggunakan MC-22 ( Service AC Jember )

Pengertian Retrofit adalah suatu proses penggantian refrigerant ( freon ) dari refrigerant bawaan pabrik dengan refrigerant pengganti. proses retrofit ini mempunyai sebab dan tujuan untuk dilakukan, antara lain :
  1. Dikarenakan refrigerant asal sudah dihapus.
  2. Untuk menurunkan konsumsi daya listrik AC.
  3. Opsi teknik, menyelamatkan kompresor yang sudah mengalami amper tinggi.

Mengenal Refrigerant R290 ( Hydrocarbon )
Musicool dengan kode refrigerant ( Freon ) R290 adalah freon dengan bahan baku alami yang di produksi oleh PT. Pertamina di Plaju Palembang dan merupakan produksi terbaik di dunia. Refrigerant R290 ini merupakan refrigerant masa depan yang ramah lingkungan. Refrigerant R290 ini sekarang sudah banyak diproduksi dengan beberapa merk yang beredar dipasaran yaitu ARTEK, HC 22, Musicool dll.

             Musicool MC 22



Walau bersifat alami, refrigerant R290 ini memiliki satu sifat mudah terbakar ( Safety Class A3 ).
apabila dipicu dengan adanya API dan Oksigen atau yang dikenal dengan SEGI TIGA API, apabila segi tiga api tidak terpenuhi maka tidak akan terjadi kebakaran, sifat inilah yang membuat terhambatnya aplikasi ke unit AC baik oleh teknisi sendiri maupun oleh konsumen. Hal ini terjadi karena tidak adanya penjelasan oleh teknisi yang berkompeten dalam bidang pendingin ruangan AC.

servis service ac jember
Karakteristik Refrigerant HC R290

Sebenarnya kita sudah banyak menggunakan gas jenis hydrocarbon seperti korek api gas, gas elpiji dan masih banyak yang lainnya, selama penggunaan sesuai dengan standartnya maka akan aman untuk digunakan. 
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa harga TDL Listrik selalu kecenderungan untuk naik dengan dicabutnya subsidi listrik oleh pemerintah, sedangkan konsumsi terbesar dalam sebuah rumah tangga maupun kantor adalah penggunaan mesin pendingin ruangan ( AC ) hal ini dapat disiasati dengan menggunakan refrigerant ( freon ) R290 ini, berapa besar penurunan yang diperoleh dengan menggunakan refrigerant R290 ini ?
 Unit AC split wall mounted yang beredar di pasaran ac dengan menggunakan refrigerant R22, R32 dan R410, saat ini AC yang menggunakan R22 sudah tidak diproduksi lagi karena refrigerant ini merupakan salah satu refrigerant yang tidak ramah lingkungan sehingga mengakibatkan perubahan iklim sehingga kebijakan pemerintah, R22 akan dihilangkan secara bertahap hingga tahun 2030.
lebih detil kenapa R22 dihapus, silahkan klik disini .
servis service ac jember
Karakteristik Refrigerant HCFC R22

Freon/ Refrigerant R32 dan R410 lebih ramah lingkungan tetapi masih menyebabkan pemanasan global sehingga masuk dalam rencana pemerintah untuk dilakukan phase out penggunaan refrigerant ini.
servis service ac jember
Karakteristik Refrigerant HFC R32

servis service ac jember
Karakteristik Refrigerant HFC R410a

Menjawab pertanyaan diatas berapa persen penurunan konsumsi daya listrik AC dengan menggunakan R290 ini dapat dikategorikan 2 yaitu
  • Dengan refrigerant R22 penurunan daya yang dapat dicapai kurang lebih 30% dari penggunaan awal.
  • Dengan refrigerant R32 dan R410 penurunan daya dapat mencapai kurang lebih 50% dari penggunaan awal.
Simulasi dari penurunan daya sebagai berikut ;

AC dengan kapasitas 1 PK R22 memiliki amper 4,3 A hidup dalam sehari 8 jam selama 30 hari , setelah menggunakan R290 amper turun menjadi 3,2A maka penghematan yang terjadi adalah ((43 A x 220 V x 8 jam per hari x 30 hari )/ 1.000 ) * Rp. 1.450 ( harga TDL ) = Rp. 328.208 per bulan.

Setelah dilakukan retrofit maka biaya listrik menjadi (3,2 A x 220V x 8 Jam x 30 hari )/1.000)*Rp. 1.450 = Rp.244.992 per bulan maka penghematan biaya listrik adalah RP. 328.208 - Rp. 244.992 = Rp. 83.216 per bulan.

 Tentunya penurunan ini tergantung dari kondisi unit , disinilah pentingnya proses verifikasi unit oleh teknisi apakah unit masih layak untuk dilakukan retrofit atau tidak, jika ada masalah dalam unit maka perlu dilakukan perbaikan terlebih dahulu, instalasi yang unit AC yang standart juga perlu diperhatikan agar kesuksesan dalam proses retrofit terjadi. Pada unit AC baru yang masih memiliki garansi ini juga menjadi kendala, karena pihak pabrikan tidak akan memberikan garansi kompresor pada khususnya dengan berbagai alasan, padahal dengan menggunakan refrigerant R290 ini kinerja kompresor menjadi ringan , secara logika kompresor menjadi lebih awet.

Jika anda berminat ingin me - retrofit unit ac anda, silahkan hubungi kami di :

servis service ac jember


23.48.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Solusi AC Hemat Listrik, Retrofit AC Anda Menggunakan MC-22 ( Service AC Jember ).