Apa Itu Label SKEM Yang Tertera Di Unit AC ? ( Service AC Jember )

Saat kita membeli unit ac sekarang pastikan sudah mendapatkan label SKEM, bahkan pembeli atau customer jarang memperhatikan dan mungkin banyak yang tidak tahu mengenai apa itu SKEM.

SKEM adalah singkatan dari Standart Kinerja Energi Minimum pada peralatan unit AC dan mesin pendingin yang diterapkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri ESDM No 7 tahun 2015 yang mulai berlaku pada bulan Agustus 2016. Hal ini perlu diketahui oleh konsumen pada khususnya dan para teknisi yang melakukan instalasi atau yang melakukan pemasaran produk pada unit pendingin ruangan. SKEM ditandai dengan tanda BINTANG, semakin banyak bintang atau maksimal 4 bintang, maka menunjukan unit pendingin yang dibeli semakin hemat energi dengan kapasitas pendinginan yang bagus.

service ac jember
Label SKEM Pada Unit AC

Tanda diatas menunjukan bahwa sebuah unit AC sangat baik dan bagus dalam penghematan energi atau listrik dan telah di verifikasi oleh Pemerintah selaku pemegang otoritas. Predikat bintang 4 akan didapat jika lolos uji EER dengan nilai rata - rata dengan indeks 10,41. 
Sedangkan pengertian EER adalah Energi Efesiency Ratio merupakan perbandingan antara kapasitas pendinginan dalam satuan BTU/Jam danb konsumsi daya listrik dalam satuan Watt, sedangkan SEER ( Seasonal Energy Effeciency) sebenarnya sama dengan EER namun SEER mengukur juga bagaimana sistem AC bekerja pada suatu kondisi tertentu ketika suhu diluar ruangan berfluktuasi.
Kami tidak akan memberikan perhitungan secara detail karena akan banyak menggunakan rumusan yang tentunya akan membuat sedikit pusing. Cara mudah untuk melihat semua yang diutarakan adalah dengan melihat Label yang tertera pada unit produk seperti gambar diatas, semakin mendapatkan bintang 4 maka semakin hemat energi. Dari paparan diatas harapan kami , calon konsumen dapat melihat seberapa besar penghematan AC ruangan yang akan dibeli sehingga beban listrik sesuai dengan perkiraan.
 

Service AC Jember




Semoga dengan artikel ini  bisa membantu anda mengerti dan memahami tentang arti dari label SKEM yang tertera di unit AC

Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Terima Kasih.

00.09.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Apa Itu Label SKEM Yang Tertera Di Unit AC ? ( Service AC Jember ).