Waspada Tersetrum Listrik dari Baja Ringan Rumah


SERVICE AC JEMBER

Atap baja ringan kini banyak dipilih sebagai material bangunan di rumah-rumah kekinian. Bukan tanpa alasan, baja ringan memang memiliki banyak keuntungan ketimbang material lainnya seperti kayu. Pemasangannya lebih mudah, lebih awet, harganya pun lebih murah dibandingkan kayu. Sayangnya, di balik keuntungan-keuntungan tersebut, atap baja ringan juga menyimpan bahaya.

Baru-baru ini, media sosial digegerkan oleh video berdurasi 49 detik yang memperlihatkan orang-orang menggotong jenazah yang sudah meninggal dari atap rumah. Diduga orang yang dibawa tersebut meninggal karena tersengat listrik yang mengalir pada rangka baja ringan konstruksi bangunan tersebut. Bukan pertama kalinya, insiden yang mirip pernah menewaskan dua pria lainnya di tahun 2019. Penyebabnya pun sama, baja ringan yang terkena aliran listrik kemudian mengalir ke baja yang lain dan mengenai orang di sekitarnya.

Memang, sifat baja ringan adalah induktor, alias bahan yang bisa menghantarkan listrik dengan mudah. Tak heran, orang yang tersentuh rangka baja ringan bisa tersetrum. Apabila sengatan listrik tersebut sangat kuat, maka yang terjadi bisa sangat fatal. Mulai dari luka bakar hebat, hingga serangan jantung yang menyebabkan kematian. Melihat bahaya baja ringan seperti ini, apakah sebaiknya kamu tidak menggunakannya sebagai bahan konstruksi rumah? Tentu tidak demikian. Ada banyak keunggulan dari baja ringan yang bisa menguntungkan pemilik rumah.

Baja ringan tak akan menyetrum jika tak ada pemicu

Dilansir dari Okezone.com, Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) menyebut tidak masalah meskipun konstruksi rumah menggunakan baja ringan. Sebab, baja ringan tidak menyetrum secara langsung jika tak ada pemicu. Ketua Umum AKLI DKI Jakarta Puji Muhardi mengatakan, baja ringan berbahaya apabila baja ringan tersebut teraliri oleh listrik. Namun jika hanya sebatas baja ringan tanpa tersentuh aliran listrik, baja ringan tidak akan membahayakan namun tetap berhati -hati ketika berpijak diatas plafon.

service ac jember


Mencegah resiko sengatan arus listrik dari atap baja ringan

Risiko sengatan listrik bisa dicegah dengan mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan. Seperti ini misalnya:


1. Meletakkan instalasi di tempat aman

Posisikan instalasi listrik pada area yang tidak bersentuhan langsung dengan konstruksi baja ringan. Tempel langsung pada dinding, atau jika terpaksa ditaruh pada besi, bisa dibuat  posisinya dengan digantung.

2. Pilih material instalasi dengan kualitas terbaik

Pilih pembungkus kabel dengan material terbaik yang membuatnya terhindar dari gigitan tikus. Sebab, kabel yang tergigit rentan menyetrum. Walaupun lebih mahal, kabel dengan bahan yang kuat tentu lebih aman.

3. Bungkus semua kabel listrik dengan pipa conduit

Pipa conduit bisa membuat kabel listrik lebih tahan lama dan aman dari risiko tergores sehingga isi tembaga keluar dan rentan terjadi kebocoran instalasi.

service ac jember


Minta bantuan teknisi yang berkompeten untuk proses instalasi

Menghindari resiko tersengat aliran listrik, ketika memasang atau melakukan perbaikan instalasi listrik harus diserahkan kepada teknisi yang berkompeten dan bukan sembarangan orang.



Matikan aliran listrik saat melakukan perbaikan di rumah

Sebaiknya matikan dulu aliran listrik jika ingin melakukan perbaikan di bagian rumah dengan melepas sekering/MCB di rumah. Berhati-hati lah dan pastikan tidak ada kabel yang tersentuh baja saat pengerjaan menggunakan alat, misalkan testpen, multitester dll.

14.46.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Waspada Tersetrum Listrik dari Baja Ringan Rumah.