Mengenal Komponen AC Split Wall dan Fungsinya

service ac jember

Cara kerja sistem pendingin udara mobil, ruangan dan kulkas memiliki persamaan pada bagian komponennya. Hampir semua mesin pendingin tersebut menggunakan 3 komponen utama yaitu kompresor, evaporator dan heat exchanger.

Saat AC ditemukan, gas atau refrigerant yang dipergunakan terdiri dari berbagam macam cairan mulai dari metana yang mudah meledak, hidrogen cair, hingga ke freon yang merusak ozon dan menyumbang pemanasan global. namun, seiring perkembagan zaman, kesadaran dan perkembangan teknologi telah membawa manusia pada penggunaan zat-zat tidak beracun dan tidak berbahaya, yang lebih ramah lingkungan.

Sebuah unit AC bekerja berdasarkan prinsip penguapan, pengembunan dan pertukaran panas dalam sebuah siklus tertutup menggunakan media refrigerant ( freon ) cairan mudah menguap yang dialirkan ke dalam sebuah evaporator akan menyerap panas dari permukaan evaporator. ketika fase menyerap panas pada permukaan evaporator, maka cairan freon berubah wujud menjadi uap dan bergerak menuju ke kompresor.

Di kompresor, gas akan kembali dimampatkan sehingga temperatur gas menjadi panas dan berubah wujud kembali menjadi cairan. cairan tersebut perlu kembali di dinginkan di bagian heat exchanger agar siap dipergunakan kembali oleh evaporator untuk menyerap panas.terdapat beberapa komponen pendukung yang mengatur aliran gas tersebut antara lain strainer, pipa kapiler, serta kipas blower yang turut serta mempercepat proses pembuangan panas dari heat exchanger.

servis ac jember


Dalam unit mesin pendingin umumnya terdiri dari beberapa komponen penting tersebut antara lain :


  1. Kompresor
  2. Heat Exchanger
  3. Evaporator
  4. Pipa Kapiler
  5. Strainer
  6. Thermostat
  7. Kipas




1. Kompresor

service ac jember

Komponen tersebut merupakan jantung dari sebuah mesin pendingin. Saat freon dalam keadaan wujud gas, freon tidak lagi mampu menyerap panas. Supaya dapat kembali menyerap panas, maka gas tersebut perlu dikembalikan dalam wujud cair dengan bantuan kompresor. Proses memampatkan kembali gas menjadi cair akan menghasilkan panas yang sangat tinggi dan panas tersebut harus dibuang agar kembali menjadi wujud cair. Karena itulah, maka kompresor, selain memampatkan gas freon juga berfungsi menarik kembali gas freon kembali ke heat exchanger melalui pipa kapiler.


2. Heat Exchanger

service ac jember

Lebih familiar disebut Unit Outdoor, Bagian ini merupakan tempat pertukaran panas dari dalam sistem pendingin menuju ke luar ruangan. Heat Exchanger merupakan pintu yang menghadap ke luar ruangan. Di sinilah tempatnya panas ruangan dikeluarkan menuju udara bebas.


3. Strainer

servis ac jember

Setelah panas dilepaskan melalui heat exchanger dengan bantuan kipas, maka terjadi pengembunan gas freon kembali menjadi bentuk cair. Dalan fase cair tersebut akan masuk ke strainer untuk ditampung sementara sebelum masuk kembali ke evaporator. Saat ini tidak semua sistem menggunakan strainer. Strainer atau saringan berfungsi sebagai penyaring debu atau kotoran yang terbawa oleh refrigerant atau freon didalam sistem AC. Debu atau kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dapat menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Akibatnya, sirkulasi refrigeran menjadi terganggu. Biasanya, kotoran yang menjadi penyumbatan sistem pendingin, seperti karat, serpihan logam maupun uap air yang masuk karena proses pemasangan tanpa mesin vakum serta tidak melalui proses flusing ketika unit ac mengalami perbaikan.


4. Pipa Kapiler

service ac jember

Berfungsi menurunkan tekanan refrigerant atau freon  serta mengatur aliran refrigerant menuju evaporator. Fungsi utama dari pipa kapiler sangatlah vital, sebab pipa ini mempunyai hubungan dengan dua bagian dengan tekanan yang berbeda-beda, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi. refrigerant yang bertekanan lebih tinggi sebelum melewati pipa ini akan diturunkan atau diubah tekanannya. penurunan tekanan pada refrigerant mengakibatkan terjadinya penurunan suhu. Pada bagian inilah yang bisa menyebabkan udara mencapa1 suhu terendah atau dingin.

5. Evaporator ( Unit Indoor )

service ac jember

Cairan freon atau refrigerant yang dialirkan ke evaporator akan mengalami penguapan dan berubah menjadi fase gas. Proses ini akan menyerap panas pada permukaan evaporator, sehingga terasa dingin. Dingin tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan oleh mesin pendingin untuk mendinginkan ruangan dengan bantuan kipas dan permukaan yang diperluas, maka hembusan angin yang melalui evaporator akan terasa sangat dingin.


6. Thermostat

service ac jember

Bagian tersebut merupakan sistem otomatis untuk mengendalikan suhu ruangan. Thermostat atau biasa disebut Thermistor berguna untuk mengendalikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. Saat suhu ruangan mencapai temperatur tertentu, maka thermostat akan memutus aliran listrik menuju ke kompresor. Pada langkah ini pendinginan hanya dilakukan oleh kipas terhadap sisa freon di daerah evaporator. Thermostat akan menghubungkan kembali aliran listrik untuk kompresor setelah suhu ruangan kembali naik di atas suhu yang telah di set pada unit thermostat. Komponen ini juga berfungsi sebagai sensor atau alat pengaman apabila terjadi malfungsi pada komponen lainnya yg berakibat sistem pendinginan tidak berjalan semestinya.


7. Kipas

service ac jember
Kipas di Unit Indoor


service ac jember
Kipas di Unit Outdoor

Kipas terdapat pada evaporator maupun heat exchanger. Fungsinya adalah untuk mempercepat aliran udara ke permukaan ke dua komponen penting dalam proses melepas dan menyerap panas atau kalor


Letak Komponen Mesin Pendingin

Unit evaporator dalam sistem pendingin ruangan sering disebut juga Indoor Unit. Letaknya selalu berada dalam ruangan. Sedangkan pada unit AC mobil, bagian tersebut berada pada dashboard mobil, tempat keluarnya angin AC mobil.

service ac jember

service ac jember
Pemasangan Unit Indoor AC Split Wall

Sedangkan Heat Exchanger sering disebut juga Outdoor Unit. dalam AC ruang berada pada luar rumah, untuk unit pada ac mobil, unit tersebut biasanya berada dekat dengan radiator yang memanfaatkan kipas radiator untuk membantu membuang panas pada bagian tersebut.

servis ac jember
Pemasangan Unit Outdoor AC Split Wall




23.48.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengenal Komponen AC Split Wall dan Fungsinya.