Pentingnya Service, Perawatan atau Cuci AC

Banyak kasus yang terjadi pada konsumen atau pemilik unit AC yang beranggapan bahwa, AC tidak perlu di cuci atau di servis karena AC masih dingin, hal ini yang harusnya bisa diluruskan dan konsumen diberi pengertian bahwa unit AC mereka perlu servis berkala atau perawatan tanpa harus menunggu unit AC tidak dingin.

Pengertian Service adalah memperbaiki atau merawat secara khusus suatu barang yang masa penggunaannya telah melampauai batas batas waktu tertentu, dalam hal ini mesin pendingin atau AC memiliki masa atau waktu penggunaan agar unit AC dapat bekerja secara normal dengan performa optimal sesuai dengan standarisasi setiap pabrikan atau merk  brand mesin pendingin tersebut.

Quotes : " AC dingin belum tentu sehat ... AC sehat pasti dingin "

Secara umum, AC pada dasarnya terdiri dari 2 bagian; evaporator (indoor) dan kondensor (outdoor). Evaporator berperan sebagai blower atau kipas untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan kondensor. Jika tidak ada udara dingin yang keluar dari evaporator maka kondensor mungkin tidak bekerja dengan baik. evaporator dan kondensor itu sendiri memiliki kisi kisi mirip seperti radiator yang berfungsi sebagai sirkulasi, yaitu menyerap dan mengalirkan panas udara dalam ruangan ke refrigerant atau freon, sedangkan kondensor sebagai penukar kalor.

 service ac jember
unit Indoor, terlihat filter penuh tertutup debu
service ac jember
unit indoor, debu sudah menembus evaporator
unit outdoor, kisi kisi kondensor tertutup debu

Melihat contoh gambar diatas, terlihat bahwa unit bisa dipastikan butuh service atau perawatan, karena jika tidak, pasti akan menimbulkan kerusakan unit AC dan kesehatan kita pun terganggu.
contoh, unit indoor dengan filter yang penuh debu dan tembus ke evaporator akan mengakibatkan hembusan angin dingin akan tidak maksimal, ini akan berakibat menimbulkan lendir atau debu basah dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita terutama di sistem pernafasan kita.

Hindari berpegang prinsip  "  AC saya dingin walau 7 bulan tidak di servis " karena ini tentang investasi kesehatan diri anda, penghematan pemakaian listrik dan keawetan serta performa yang baik unit AC anda

Di unit outdoor pun bisa dilihat pada gambar, kisi kisi kondensor tertutup debu, ini akan menghalangi pertukaran kalor atau srkulasi udara panas yang berakibat mesin atau compressor bekerja  lebih berat yang nantinya berakibat buruk pada performa unit ac anda, ini akan berakibat kompressor bekerja tanpa henti yang membuat pemakaian listrik boros, kompressor  menjadi rusak dan lainnya yang membuat biaya service menjadi membengkak.

Solusi terbaik dari permasalahan atau kasus diatas adalah lakukan perawatan ac atau pencucian secara rutin 3 bulan sekali , atau bisa lebih cepat tergantung kondisi lingkungan sekitar. pertimbangan harga jangan dijadikan skala prioritas, kinerja teknisi dan hasil kerja lah yang dijadikan tolak ukur.

Jika anda membutuhkan jasa servis ac dan perawatan berkala unit AC split anda kami siap melayani untuk area Jember, Bondowoso Dan Lumajang, segera hubungi kami di :

service ac jember


HP/WA : 085101256023 / 087755881117
Email : cftjbr@gmail.com
Jember : Jl. Mawar 19/31 Patrang Jember
Workshop : Perumahan Griya Puncak Slawu H-18, Jalan Manyar Jember
CP : Agus Setiawan ( Wawan )

23.10.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Pentingnya Service, Perawatan atau Cuci AC.