Cara Pemasangan Unit AC Split Yang Baik Dan Benar, Tips Service AC Jember

Banyak yang tidak diketahui oleh para konsumen atau pengguna AC sebagai pendingin ruangan disaat pembelian unit, image atau gambaran konsumen,  beli, pasang dan dingin selesai tanpa memikirkan jangka panjangnya, jangka panjang dalam hal ini adalah umur,kinerja serta ke awetan dalam pemasangan unit AC yang baik dan benar.

Cara pemasangan AC split yang baik dan benar dapat dilihat dari beberapa hal yaitu :
  1.     Jenis / type AC split dan kapasitas AC yang cocok untuk kebutuhan ruangan anda
  2.     Verifikasi Instalasi unit oleh Teknisi AC.
  3.     Instalasi unit AC Indoor dan Outdoor.
  4.     Instalasi kelistrikan untuk AC Split.
  5.     Kebersihan setelah proses instalasi.
  6.     Penjelasan kepada konsumen.

Pemasangan AC yang baik dan benar ini akan memberikan jaminan akan keawetan unit dan memberikan garansi sesuai dengan standart pabrik AC Split yang dibeli.

Sebenarnya dalam pemasangan unit AC Split ini sudah ada dalam buku panduan Instalasi AC Split yang disertakan dalam unit AC, sebagai teknisi AC split yang baik akan membaca dengan baik buku instalasi AC split tersebut terkecuali teknisi AC split tersebut sudah mendapat pelatihan atau training dari merk AC split tersebut.

1. Jenis / type AC split dan kapasitas AC yang cocok untuk kebutuhan ruangan anda.
Untuk Jenis AC split wall banyak terdapat bermaca variannya dan sudah pernah kami bahas disini tapi mari kita ulas kembali,
jenis AC split wall terdiri 3 jenis /. type yaitu Standart dengan konsumsi listrik rata - rata 400 watt untuk kapasitas 1/2 pk , sedangkan untuk jenis yang kedua yaitu low watt dengan konsumsi listrik rata - rata 320 watt sedangkan yang ketiga adalah inverter, sampai saat ini inverter tersedia dikapasitas 1 pk tetapi Merk LG konon kabarnya mengeluarkan 1/2 pk inverter dan kami belum menemukan produk ini. Jenis AC ini sesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di rumah anda.

2. Verifikasi Instalasi unit oleh teknisi AC
Proses verifikasi ini sangat penting dimana tata letak akan mempengaruhi maksimal pendinginan dan keawetan unit pendingin anda. Yang perlu diperhatikan adalah

 Tata Letak Indoor.
Tata letak indoor perlu diperhatikan sebaran udara didalam ruangan agar maksimal tetapi diusahakan agar hembusan angin tidak langsung mengenai tubuh agar tubuh kita tetap sehat. Penempatan indoor juga harus memperhatikan estetika ruangan agar enak dipandang.
cara pemasangan unit ac split yang baik dan benar, tips service ac jember
penempatan indoor yang baik dan seimbang

Sebaran udara yang baik dapat memberikan kecepatan pendingin ruangan dan jarak antara plafon disesuaikan dengantinggi ruangan, apabila ruangan semakin tinggi maka penempatan indoor semakin rendah dan apabila tinggi ruangan rendah jarak indoor dari plafon minimal 20 cm agar memudahkan dalam perawatan atau pencucian AC

 Tata Letak Outdoor.
Penempatan outdoor yang baik adalah di depan unit outdoor diusahakan tidak ada halangan yang menghambat dan sirkulasi udara di unit outdoor baik. Unit outdoor membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar proses pembuangan panas unit outdoor sempurna sehingga tidak menyebabkan kompresor mengalami overheat atau panas berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor
penempatan outdoor yang baik dan mempermudah perawatan


 Seorang instaler atau teknisi harus mampu memberikan penjelasan dan masukan  kepada konsumen dimana sebaiknya unit diletakan agar unit pendingin ruangan ( AC ) anda bisa berfungsi maksimal

3. Instalasi Unit AC Indoor dan Outdoor
Dalam instalasi unit indoor dan outdoor ini perhatikan kemiringan pada unit indoor dan outdoor , pada merk - merk tertentu disarankan untuk lebih miring sedikit , hal ini agar aliran pembuangan air hasil kondenisasi unit indoor berjalan dengan baik dan tidak kembali kedalam ruangan atau menetes kedalam ruangan. Demikian juga pada outdoor , dibuat rata tidak miring. Persiapkan koneksi kabel dari indoor ke PLN dan koneksi kabel listrik dari unit indoor ke outdoor.

Sangat penting diperhatikan adalah ketebalan pipa instalasi yaitu ketebalan pipa 0,6 mm sampai 0,8 mm , hal ini menginggat tekanan freon unit pendingin sekarang berkisar antara 120 psi hingga 160 psi berbeda dengan unti pendingin yang menggunakan freon R22 , pada unit AC yang menggunakan freon R22 kebetalan pipa 0,5 mm kebawah.
cara pemasangan unit ac split yang baik dan benar
pemasangan kabel listrik dan pemipaan
cara pemasangan unit ac yang baik dan benar , service ac jember
pemasangan unit outdoor
cara pemasangan unit ac split yang baik dan benar, service ac jember
stop kontak AC
cara pemasangan unit ac yang baik dan benar, service ac jember
mini circuit breaker ( MCB )

Instalasi yang baik menggunakan kabel listrik berisi 3 dimana salah satu kabel digunakan sebagai grounding kelistrikan. Gunakan kabel listrik type NYM agar isolasi kabel menjadi baik sesuai dengan standart SNI instalasi unit pendingin pada instalasi Tetap. Persiapkan juga untuk saluran pembuangan air AC.

Proses yang tidak kalah pentingnya adalah proses pemvacuman, proses ini bertujuan agar saat penyambungan pipa instalasi dari unit indoor ke outdoor , udara yang terjebak didalam pipa dikeluarkan dan menjadi hampa udara. Manfaat lain dari proses vacum ini, kotoran atau debu yang ada didalam pipa instalasi ikut keluar karena proses pemvacuman ini, lebih lengkapnya silahkan baca disini

4. Instalasi Kelistrikan unit AC
Instalasi kelistrikan unit AC sebaiknya dan standart pabrikan adalah berdiri sendiri MCB nya hal ini dimaksudkan pembatasan amper pada unit AC tidak berlebihan dan apabila terjadi masalah pada unit pendingin ruangan ( AC ) anda dapat dimatikan jalur ke unit AC , tidak mematikan listrik secara keseluruhan. Apabila menggunakan stop kontak , gunakan stop kontak AC bukan stop kontak colokan , kenapa ? karena dalam stop kontak AC terdapat fuse atau sekring sebagai pembatas apabila mengalami panas pada sambungan unit ke PLN.

 Perlu diperhatikan besaran penampang kabel listrik , sesuai dengan PUIL bahwa kabel memiliki daya hantar arus. 

  • Kabel berukuran 1,5 mm mampu menghantarkan arus hingga 1.100 watt
  • Kabel berukuran 2,5 mm mampu menghantarkan arus hingga 2.200 watt
cara pemasangan unit ac split yang baik dan benar, service ac jember
kabel NYM 2 x 1.5 //  3 x1.5
  
standart penggunaan kabel di AC adalah menggunakan jenis NYM berisi 3, salah satu digunakan sebagai grounding AC.

Kami selalu menggunakan kabel NYM merk Eterna atau setara agar luas penampang kabel sesuai dengan spesifikasi, banyak beredar merk lain walaupun tertulis spesifikasinya tetapi luas penampang lebih kecil.

 5. Kebersihan setelah Instalasi Unit.
Team teknisi kami memiliki standart Operasional bahwa setelah dilakukan proses instalasi adalah membersihkan sisa - sisa kotoran atau debu yang disebabkan oleh proses instalasi. ( 5R )

6. Penjelasan kepada Konsumen.
Penjelasan kepada konsumen ini wajib dilakukan , penjelasan yang diberikan meliputi :

a. Penggunaan remote
Penjelasan mengenai fungsi remote yang ada pada setiap merk dan fungsinya agar tidak salah dalam pengoperasiannya, penjelasan mendetail mengenai fungsi remote dan meminta konsumen untuk mencobanya.

b. Perawatan berkala
Penjelasan mengenai perawatan berkala dan efek dari tidak dilakukan perawatan atau pencucian berkala kepada konsumen.

c. Garansi
Memberikan penjelasan mengenai tata cara klaim garansi kepada konsumen termasuk harus menyimpan kartu garansi dan nota pembelian sebagai cara untuk klaim garansi pabrikan.

Garansi instalasi diberikan kepada konsumen dari team teknisi kami selama 1 bulan.

Demikian penjelasan Pemasangan AC split yang baik dan benar agar konsumen tidak dirugikan dikemudian hari , beberapa merk mensyaratkan instalasi AC yang tidak sesuai standart maka garansi akan hangus. Pemasalahan yang timbul biasanya, pemasangan dengan standart akan berpengaruh pada biaya instalasi, disisi lain konsumen kebanyakan pemasangan dengan biaya yang murah, dari material diatas tentunya jika pemasangan yang murah tidak akan tercapai sehingga teknisi akan melakukan modifikasi dari ketebalan pipa, ukuran kabel dan jenis dan yang paling parah adalah tidak dilakukan pemvacuman pada instalasi unit.

Konsumen wajib menanyakan apakah pemasangan AC splitnya dilakukan pemvakuman udara dalam instalasi ? jika tidak mintalah agar unit awet dan berfungsi sesuai standart pabrikan. Dengan instalasi yang standart maka nilai investasi unit pendingin anda akan sesuai dengan nilai investasi yang sudah di hitung oleh pabrikan.

Jika anda membutuhkan jasa pemasangan AC split anda kami siap melayani untuk area Jember,Bondowoso Dan Lumajang, segera hubungi kami di :

HP/WA : 085101256023 / 087755881117
Email : cftjbr@gmail.com
Jember : Jl. Mawar 19/31 Patrang Jember
Workshop : Perumahan Griya Puncak Slawu H-18, Jalan Manyar Jember
CP : Agus Setiawan ( Wawan )



Source : waroengteknologiac

23.02.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Pemasangan Unit AC Split Yang Baik Dan Benar, Tips Service AC Jember.