Kenapa Jasa Pasang AC Freon R32 Lebih Mahal ?



Kembali lagi bertemu dengan kami. Kali ini kami ingin menjelaskan kenapa jasa pasang AC yang menggunakan Freon R32 lebih mahal.

Oke Sebelumnya agar lebih jelas mungkin kami sarankan anda membaca artikel Perbedaan Freon R32 dengan R22, R410A dan R290.

Di artikel tadi dijelaskan dengan rinci dan dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti perbedaan, kelebihan dan kekurangan masing-masing Freon AC.

Memang di tahun 2015 ini konsumen jadi lebih bingung karena ada AC yang menggunakan 3 jenis Freon yang berbeda. Untuk merk Panasonic seluruh line up AC-nya yaitu tipe Basic, Standard, Alowa, Alowa Deluxe (Ion), dan Envio sudah menggunakan Freon R32, hanya tipe Inverter saja yang masih menggunakan Freon R410A.

Sedangkan untuk merk Daikin AC tipe Standard China dan Standard Thailand menggunakan Freon R410A, sedangkan tipe mahalnya yaitu Deluxe, Inverter Smile, Hi-Inveter, European Design dan Urusara 7 semua sudah menggunakan Freon R32 yang secara karakteristik lebih dingin dari Freon R410A dan R22.

Tetapi…

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar ( Flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan " Minimal " 0.6mm.

Nah pipa yang beredar di Indonesia ada banyak sekali merk-nya. Untuk merk standard seperti Artic yang paling umum digunakan selama ini oleh para toko dan tukang AC memiliki ketebalan 0.5mm – 0.55mm yang " Tidak Boleh " digunakan untuk memasang AC yang menggunakan Freon R32.

Kenapa tidak boleh..???  karena tekanan gas yang tinggi, kalau pakai pipa yang ketebalannya dibawah 0.6mm PASTI akan bocor halus dan dalam 2 atau 3 bulan pertama pemakaian AC freon di dalam kompressor pasti akan habis. Dan bila hal ini terjadi, baik pihak Panasonic maupun pihak Daikin TIDAK akan bertanggung jawab (karena kesalahan bukan di pihak pabrik) paling customer yang berantem dengan tukang pasang atau toko tempat membeli AC-nya kalau mereka nekat memakai pipa dengan ketebalan dibawah 0.6mm untuk pemasangan AC-nya.

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa " Harus Wajib..!!! " di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai.

Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap " Harus " di vacuum dahulu pipanya " Minimal " 15 – 20 menit untuk ukuran pipa sekitar 5m. Diatas itu bila sekitar 10m harus di vacuum minimal 25 menit, dan diatas 10m harus minimal 30 menit.
Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Karena oli kompressor yang menggunakan Freon R32 sangat sensitif terhadap uap air.



Naah..., tukang pasang AC anda tidak melakukannya..???

Walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla sekalipun, " Tidak Akan Ada Gunanya " , Kompressor AC anda pasti akan jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC, bukan cacat pabrik.

Merk pipa instalasi yang boleh digunakan untuk memasang AC dengan Freon R32  :

1. Hoda
2. Inaba Denko
3. Tateyama
4. Saeki
5. Panasonic
6. Nippon Steel
7. Kembla
8. Kupfer Premium

 Nah.. Nama merk pipa tersebut diatas yang PASTI memiliki ketebalan diatas 0.6mm.


Untuk merk Inaba Denko (seperti contoh diatas), Tateyama, Panasonic, Nippon Steel dan Saeki hampir tidak ada palsunya, jadi kalau mau pakai merk tersebut aman-aman saja. Apalagi merk Kembla, yang bisa dibilang merk pipa paling bagus di Indonesia, pasti aman kalau mau pakai, hanya saja hargannya luar biasa mahal.
 
Sebagai contoh untuk :

Merk Artic, kami menjual pipa untuk AC 1/2 sampai 1PK dengan ukuran 3/8 x 1/4 inch adalah Rp. 60.000 per meter. untuk AC 1.5 sampai 2PK dengan ukuran pipa 1/2 x 1/4 inch adalah Rp. 70.000 per meter dan ukutan 5/8 x 1/4 inch adalah Rp. 90.000 / meter.

Sedangkan untuk merk HODA, Panasonic, Nippon Steel, Tateyama, Saeki dan Inaba Denko harganya adalah Rp. 80.000 per meter dan Rp. 90.000 per meter untuk pipa 1/2 – 1PK dan 1.5 – 2PK. Dan juga Rp. 115.000 per meter untuk ukuran AC 2.5 dan 3 PK.

Untuk merk Kembla lebih mahal lagi, yaitu Rp. 115.000 dan Rp. 125.000 per meter baru pipa tembaganya saja belum termasuk armaflex (pembungkus pipa tembaganya) seharga Rp. 25.000 per meter.

Jadi sudah jelas kan harga pipanya saja sudah berbeda banyak. Tentu saja paket jasa pemasangan unit AC R32 menjadi lebih mahal dibanding unit AC R22.

Oke, semoga dengan artikel ini bisa bisa membentu anda lebih mengerti tentang kenapa jasa pasang AC jadi lebih mahal yang tentunya membuat harga AC yang menggunakan Freon R32 jadi kesannya jauh lebih mahal dari AC dengan Freon R22 atau R410a.

 Atas Perhatiannya Kami Ucapkan Terima Kasih.




                            " Cooling Fresh Technical "

21.12.00 - 6 komentar

6 komentar untuk Kenapa Jasa Pasang AC Freon R32 Lebih Mahal ?.

.

ternyata itu sebabnya bisa lebih mahal

Balas Hapus
.

mending pake kipas tangan sob

Balas Hapus
.

mantap gann.. ruangan makin dinginn nihh :v

Balas Hapus
.

mantap deh gan ! lebih mahal jasanya hehehe

Balas Hapus